en id

Dukung Program Pemerintah di Bidang kesehatan Ibu hamil dan Balita, Bandara Sentani Rutin Adakan Pelayanan Kesehatan Keliling dan Pemberian Makanan Tambahan

14 Jul 2023

kembali ke list


Dukung program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan Ibu hamil dan Balita, hari ini 14 Juli 2023, PT Angkasa Pura I Bandara Sentani menyalurkan bantuan dana program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang merupakan bagian dari program Pelayanan Kesehatan Keliling yang sudah terjalin selama 3 (tiga) tahun. Dimana tahun 2023 telah telah dilakukan perpanjangan perjanjian kerjasamanya dengan UPT Puskesmas Sentani dan Puskesmas Komba.

Pemberian Makanan Tambahan menjadi agenda yang dipilih untuk meningkatkan mutu gizi pada anak berupa kombinasi makanan lokal dan pabrikasi dengan nilai gizi yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat khususnya ibu dan anak, dikhususkan bagi ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK), dan balita kurang gizi, atau Bawah Garis Merah (BGM). Bantuan PMT ini diberikan selama 150 (Seratus Lima Puluh) hari dan dimulai pada pukul 09.00 WIT sampai dengan selesai dengan total nilai bantuan sebesar Rp 70.000.000 (Tujuh Puluh Juta Rupiah) kepada 20 (Dua Puluh) balita, dan 10 (Sepuluh) Ibu Hamil yang berada di beberapa lokasi sekitar Bandara Sentani yakni Bintang Timur, BTN Furia, BTN Melati, Komba, Yabaso, BTN Matoa, BTN Citra Buana, Ifar Besar, BTN Sereh dan Masjid Al-Aqsa.

“Program ini merupakan salah satu bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara Sentani Jayapura, sebagai bentuk nyata dan komitmen serta kepedulian perusahaan terhadap lingkungan di sekitar wilayah kerja Bandara, serta dimaksudkan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diantaranya menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan Ibu. Anak dan Ibu sehat, bangsa kuat” ujar Surya Eka Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani.

Sebagai badan usaha yang beroperasi di tengah masyarakat, PT Angkasa Pura I Bandara Sentani memiliki kewajiban tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar PT Angkasa Pura I Bandara Sentani juga memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.
Pelaksanaan program tersebut yaitu Puskesmas Sentani dan Puskesmas Komba, yang juga menjalankan pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, pemantauan tumbuh kembang balita, dan imunisasi wajib di wilayah sekitar Bandara Sentani.

“PMT yang diberikan itu, dalam bentuk makanan-makanan bergizi yang diolah oleh para kader posyandu binaan, dengan dukungan dan pendampingan dari Puskesmas Sentani dan Puskesmas Komba.

Terakhir Surya berharap melalui program itu, dapat membantu masyarakat di wilayah Bandara Sentani dan Kami harap perlahan program PMT yang berjalan ini dapat menurunkan angka stunting di masyarakat tutupnya.