en id

Bangun Bandara, Masyarakat Harus Bahagia

19 Aug 2014

kembali ke list


Yogyakarta (17/08) - Angkasa Pura Airports & Pemkab Kulon Progo telah menyiapkan konsep pembangunan bandara. Konsep Ini dipaparkan di Rumah Dinas Bupati (13/8). Direktur Keuangan dan IT, Angkasa Pura Airports Gunawan Agus Subroto mengatakan Bandara mengacu pada mandat kesalehan sosial. Perusahaan juga akan mengindahkan prinsip pembangunan manusia. Warga setempat juga akan dilibatkan sebelum dan sesudah bandara dioperasikan. Pembangunan bandara juga bersifat berkelanjutan, menjadi embrio bagi kegiatan perekonomian masyarakat.

"Masyarakat akan diberi pelatihan sehingga kesejahteraannya meningkat. Pembangunan bandara hakikatnya pembangunan manusia. Sehingga dalam pembangunan tersebut, masyarakat harus bahagia," ungkapnya. Gunawan mengatakan Angkasa Pura Airports menyebar kuesioner mengenai alternatif yang bisa ditempuh. Warga terdampak akan menerima uang dan mencari lokasi sendiri, atau menerima uang dan meminta bantuan pemerintah untuk mendapatkan alternatif lahan. "Harapan kami, mereka tidak merasa digusur. Namun ditempatkan kembali tidak jauh dari bandara. Sehingga jika terjadi kemajuan disekitar bandara mereka tetap ikut merasakannya," katanya.

Pemkab Kulonprogo dan Angkasa Pura Airports telah menyiapkan alternatif alih profesi yang lebih realistis. Sedang dievaluasi untuk menyeleksi masyarakat yang mau ikut pelatihan mekanik bekerjasama dengan PT Astra. "Selanjutnya akan dikonfirmasikan kepada masyarakat mengenai apa yang mereka butuhkan, Kami berharap kesempatan ini dapat diambil masyarakat terdampak," tandasnya. (Dhika, sumber : Radar Jogja)