en id

Launching "Spirit Joglosemar" Sebagai Wujud Sinergi Bumn Hadir Membangun Pariwisata Nusantara

27 Apr 2016

kembali ke list


Yogyakarta (27/04) - Menteri BUMN, Rini Soemarno mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta  pagi tadi dengan disambut oleh President Director PT. Angkasa Pura I (Persero) bersama beberapa Direktur BUMN yang terlibat dalam acara. Diiringi alunan gendhing Jawa yang dimainkan oleh pemain gamelan di Terminal Kedatangan Domestik, Rombongan bergerak menuju Stasiun Maguwo melalui koridor penghubung underpass Bandara Adisutjipto untuk meresmikan Soft Launching "Spirit Joglosemar" transportasi intermoda yang sekaligus membuka serangkaian acara hari ini.

Branding "Spirit Joglosemar" memiliki komitmen bersama di bawah Menteri BUMN untuk turut mengembangkan dan membangun kepariwisataan khususnya di wilayah Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar). Secara khusus “Spirit Joglosemar” terdiri dari 4 program, yaitu: Program Pengembangan destinasi dan event; Program terkait pengembangan aksesibilitas infrastruktur; Program terkait promosi pemasaran bersama; serta Program pengembangan masyarakat dan pelestarian lingkungan, yang secara khusus menjadi pesan penting dari Presiden Republik Indonesia. 

Disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, dilakukan penandatanganan MoU Sinergi BUMN yang melibatkan kolaborasi 12 BUMN di Gedung Trimurti Candi Prambanan. Kedua belas BUMN yang terlibat merupakan gabungan dari Pengelola destinasi wisata (PT. Taman Wisata Candi, PTPN 9, PT. Perhutani), Pengelola jasa dan pendukung aksesibilitas serta konektivitas (PT. Angkasa Pura I (Persero), PT. KAI, PT. Damri, PT. Pelni, PT. Pelindo III dan PT. Garuda Indonesia) serta Pengelola akomodasi (Inna Hotel Group, Aerowisata, PatraJasa).  Launching Spirit Joglosemar - Sinergi BUMN "Hadir Membangun Pariwisata Nusantara" diresmikan secara simbolis dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan simbolis secara silang Gubernur DIY dengan Gubernur Jawa Tengah, disaksikan oleh Menteri BUMN.

Dalam sambutannya, Rini Soemarno menyampaikan bahwa "Dengan adanya Sinergi BUMN Joglosemar, diharapkan dapat membantu meningkatkan pariwisata yang tidak terlepas dari konektivitas, dimana konektivitas intermoda  sangat berperan baik darat, udara serta laut. Tidak hanya konektivitas, seluruhnya perlu untuk memberikan layanan terbaik". Sarana umum harus bersih dan tersedia dengan baik, sehingga setiap wisatawan merasa nyaman menghabiskan waktu di "tempat kita". Menutup acara peresmian launching Sinergi BUMN Joglosemar, Menteri BUMN menyerahkan secara simbolis Penyaluran Dana Bantuan Kemitraan Triwulan I dari PT. Angkasa Pura I (Persero) kepada Mitra Binaan.

President Director PT. Angkasa Pura I (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito, dalam agenda press confrence pada akhir acara tersebut menjelaskan bahwa PT. Angkasa Pura I (Persero) akan mendukung peningkatan pariwisata Joglosemar, diantaranya yang telah dilakukan adalah  penambahan Terminal B dan penambahan  parking stand di Bandara Adisutjipto. Selain itu untuk memberikan pelayanan prima pada penumpang, Lobby bandara Jogja sudah bersih dan nyaman serta parkir kendaraan juga telah dipindahkan ke area yang lebih luas, sehingga untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di drop zone menjadi lebih mudah. “Kami juga menjalin kerjasama dengan PT. KAI dan PT. Garuda Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata di Solo. "Selain hal itu, mengingat bandara yang ada di area Joglosemar merupakan Bandara Internasional, tentunya juga harus didukung dengan tingkat keamanan yang tinggi, kami akan selalu mengupayakan yang terbaik di tengah keterbatasan," tambahnya. (Ganes/Dhika)