en id

Konsultasi Publik Pembangunan Bandara Kulonprogo Akan Dimulai 25 November

21 Nov 2014

kembali ke list


Yogyakarta (21/11) - Konsultasi publik rencana pembangunan bandara internasional di Kecamatan Temon akan dimulai 25 November. Konsultasi publik I selama 60 hari kerja ke depan yang berakhir Desember 2014. Bila dirasa masih ada keberatan akan ditambah 30 hari yakni Januari hingga Februari 2015. Pelaksanaan perdana konsultasi publik di Desa Jangkaran selama 3 hari dan berakhir di Desa Glagah akhir Desember.

"Setiap pelaksanaan konsultasi publik dilakukan di balai desa, itu kesepakatan para kades. Materi di antaranya maksud, tujuan, bentuk, ganti rugi dan lainnya. Teknisnya,peserta diberi penjelasan umum selama 1 jam, kemudian dibagi 10 desk dan tiap desk beisi sekitar 8 hingga 9 orang," kata Triyono SIP MSi Asisten II Setda Kulonprogo yang masuk dalam Tim Persiapan Pembangunan Bandara, Kamis (20/11). Terakhir nanti diminta membuat surat pernyataan setuju, menolak, atau masih ragu-ragu. IGlau masih menolak dan ragu-ragu maka akan diadakan lagi konsultasi publik tahap kedua pada 30 hari yakni Januari hingga Februari 2015.

Jadwal konsultasi publik, 25-26 November di Desa Jangkaran; 1-3 Desember Desa Kebomejo; 8-9 Desember Desa Sindutan; 10-11 dan 15-17 Desember Desa Palihan; serta 18, 22, 24 dan 29-30 Desember Desa Glagah.Sedangkan Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) menegaskan, saat dimulai konsultasi publik dan didapati adanya pelanggaran seperti vandalisme dan tindakan masuk kriteria pidana maka akan ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Tindakan tegas tersebut tidak terkait dengan bandara, namun apabila ada pengrusakan dan lainnya maka penyelesaian hukum yang berlaku dan tidak ada kaitannya dengan setuju atau tidak setuju dengan bandara. "Keadilan harus ditegakkan," tegas Hasto seusai rapat dengan Forkompinda terkait persiapan konsultasi publik di rumah dinas. [Dhika, Sumber : Kedaulatann Rakyat]