en id

Hujan Abu Gunung Merapi, Penerbangan Tetap Berajalan Normal

21 Apr 2014

kembali ke list


Yogyakarta (21/04/2014) - Hujan Abu akibat letusan gunung merapi kemarin (20/4) hampir merata keseluruh wilayah di Yogyakarta. Salah satunya yang mendapatkan kiriman hujan abu adalah Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Meski begitu, Operasional di bandara tersebut tetap berjalan normal. 


Tidak terjadi penundaan atau pembatalan penerbangan, karena hujan abu tersebut. Beberapa maskapai mengaku tidak terjadi gangguan untuk penerbangan. mereka juga tidak mendapatkan imbauan dari otoritas bandara untuk menghentikan penerbangan karna kondisi dianggap normal. Station Manager Lion AIr Bandara Adisutjipto, Yusuf Nurul Huda mengatakan," Sementara ini, masih beroperasi, belum ada instruksi dari unit terkait untuk menghentikan penerbangan".


Hal yang sama juga diungkapkan oleh Public Relation Tiger Air, Thoriq Husaein. Menurut Thoriq, "Flight hingga kemarin sore(20/4) berjalan nomal. Baik penerbangan domestik maupun Internasional. Pihak Maskapai juga berkomunikasi dengan otoritas bandara tentang kondisi terakhir. "kalau ada sesuatu yang menganggu, tentu akan dievaluasi. Tetapi kelihatannya masih normal," tegas Thoriq.


Senentara itu General Affair & Communication Section Head Angkasa Pura Airport Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Faizal Indra Kusuma mengatakan bahwa kondisi bandara tetap baik, semua kegiatan penerbangan sampai sore kemarin(20/4) berjalan normal. Tidak ada penutupan bandara ataupun pengaliahan penerbangan, semuanya tetap berjalan normal. meski begitu, lanjut Faizal, Abu merapi juga sampai kebandara meski sangat tipis " Semua kegiatan diabandara tetap berjalan lancar seperti biasa," tegasnya. [dhika, sumber : Radar Jogja]