YOGYAKARTA – Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta membuktikan komitmennya dalam berbenah diri melakukan perbaikan baik dalam segi fasilitas maupun pelayanan, dengan memperoleh Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2008, standar mutu pelayanan kepada penumpang yang sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan oleh dunia internasional.
ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar persyaratan yang telah dibuat oleh International Organization for Stadardization dan telah menjadi tolak ukur mutu. Perolehan sertifikat standard mutu ini menjadi bentuk nyata komitmen terhadap mutu pelayanan jasa kebandarudaraan. Melalui serangkaian proses Audit Mutu Internal pada Bulan Juni 2016 juga Audit Eksternal pada Bulan Agustus 2016, pada tanggal 5 September 2016 Bandara Adisutjipto Yogyakarta mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 kategori Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) yang dikeluarkan oleh PT. United Registrar Of System (URS) Indonesia.
Adapun Sertifikat ISO 9001:2008 kategori Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) yang telah dicapai oleh Bandara Adisutjipto Yogyakarta, didasarkan pada penilaian atas pelaksanaan Audit Mutu Internal serta penerapan standard prosedur yang dijalankan oleh Angkasa Pura Airports salah satunya dalam pelayanan standard keamanan bagi penumpang di wilayah Bandara. Secara detail, komponen penilaian didasarkan pada pengendalian dokumen, pengendalian catatan mutu, audit mutu internal, tindakan perbaikan dan pencegahan, rapat tinjauan manajemen, pengecekan fasilitas bandara, penyelesaian komplain, perawatan peralatan elektronika bandara, pelatihan terhadap tindakan darurat, serta prosedur pemeriksaan bagasi di screening check point (SCP) 1.
Penerapan ISO 9001, yang menjadi acuan standard manajemen mutu layanan bagi penumpang di Bandara adalah penting. Hal ini dikarenakan ISO 9001:2008 menyediakan infrastruktur, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu organisasi memonitor dan meningkatkan kinerja demi mendorong efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk.
Direktur Utama Angkasa Pura Airports, Danang S. Baskoro dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Manajemen Bandara Internasional Adisutjipto atas keberhasilan dalam pencapaian penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Bandara Yogyakarta. “Semoga pencapaian ini dapat menjadi kesempatan tidak hanya bagi pengelola Bandara melainkan juga bagi seluruh komunitas bandara terkait untuk dapat terus terpacu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan satu hal yang penting. Konsistensi dan komitmen menjadi hal yang penting untuk dipegang teguh,” tegas Danang.
“Memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang yang disesuaikan dengan aturan dan standard prosedur yang berlaku sudah menjadi tugas bagi kami. Dengan adanya pencapaian Standard Manajemen Mutu ini kami berharap dapat terus bekerja memberikan yang terbaik tanpa sekalipun mengesampingkan standard prosedur yang berlaku,” tambah Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Adisutjipto.*** (Humas JOG/GNS)