en id

BANDARA ADISUTJIPTO TERAPKAN 'PSC ON TICKET'

04 Mar 2015

kembali ke list


Yogyakarta (04/03) - Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2015, PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta tidak lagi menarik Passenger Service Charge (PSC) atau yang sering disebut Airport Tax. Kini PSC sudah masuk dalam harga tiket atau PSC On Ticket yang ditarik pihak maskapai penerbangan kepada calon penumpang. General Manager  PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Adisutjipto Andi G Wirson, mengungkapkan hal tersebut ketika ditemui wartawan di kantornya.

Bagi calon penumpang yang membeli tiket sebelum 1 Maret masih harus membayar PSC secara manual ketika melakukan check in. Bukti pembayaran tersebut fitunjukkan kepada petugas ketika akan masuk ke ruang tunggu untuk selanjutnya dipastikan apakah nama yang tertera dalam tiket sesuai dengan kartu identitas. "Nantinya di tempat check in masing-masing maskapai, mereka memiliki sistem untuk memastikan calon penumpang sudah bayar PSC atau belum," katanya. Mengingat masih banyak penumpang yang memiliki tiket yang dibeli dua hingga tiga bulan sebelum 1 Maret, sehingga sampai saat ini PT AP I Bandara Adisutjipto masih melayani pembayaran PSC secara manual.

Stasion Manager Garuda Indonesia Bandara Adisutjipto Irawan menuturkan, kebijakan PSC On Ticket dinilai sangat memudahkan. Sebab calon penumpang tidak lagi harus antre untuk membayar PSC karena sekarang sudah masuk dalam tiket. "Jika ada calon penumpang yang sudah telanjur membeli tiket yang didalamnya ada PSC dan memutuskan untuk tidak jadi terbang, ada proses refund," ungkap Irawan. (dhika, Sumber : Kedaulatan Rakyat)