en id

Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Peroleh Sertifikat ISO 9001:2015

29 Nov 2017

kembali ke list


YOGYAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta membuktikan komitmennya dalam berbenah diri melakukan perbaikan baik dalam segi fasilitas maupun pelayanan, dengan memperoleh Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015, standar mutu pelayanan kepada penumpang yang sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan oleh dunia internasional.  

 

ISO 9001:2015 merupakan sebuah standar persyaratan yang telah dibuat oleh International Organization for Stadardization dan telah menjadi tolak ukur mutu. Perolehan sertifikat standard mutu ini menjadi bentuk nyata komitmen terhadap mutu pelayanan jasa kebandarudaraan. Melalui serangkaian proses Audit Mutu Internal pada tanggal 4-5 Oktober 2017, Rapat Tinjauan Manajemen pada tanggal 6 Oktober 2017 dan juga Audit Eksternal pada 10-11 Oktober 2017, pada 22 Oktober 2017  PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta secara resmi mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 ruang lingkup Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) yang dikeluarkan oleh PT TUV Rheinland Indonesia.

 

Adapun Sertifikat ISO 9001:2015 ruang lingkup Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) yang telah dicapai oleh PT Angkasa Pura I (Persero) di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, didasarkan pada penilaian atas pelaksanaan Audit Mutu Internal dan Tinjauan Manajemen serta penerapan standard prosedur yang dijalankan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) salah satunya dalam pelayanan standard keamanan bagi penumpang di wilayah Bandara. Secara detail, komponen penilaian didasarkan pada konteks organisasi, kebijakan dan sasaran mutu, pengendalian proses terkait pada unit-unit kerja terkait dengan PJP4U, surrounding facilities, risk based thinking, serta customer satisfaction and complaints.

  

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menyampaikan apresiasi kepada Manajemen dan Komunitas Bandara atas keberhasilan dalam pencapaian penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Bandara Yogyakarta. “Semoga pencapaian ini dapat menjadi kesempatan tidak hanya bagi pengelola Bandara melainkan juga bagi seluruh komunitas bandara terkait, untuk dapat terus terpacu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan satu hal yang penting. Konsistensi dan komitmen menjadi hal yang penting untuk dipegang teguh,” tegas A.Pandu Purnama

 

Penerapan ISO 9001, yang menjadi acuan standard manajemen mutu layanan bagi penumpang di Bandara adalah penting. Hal ini dikarenakan ISO 9001:2015 menyediakan infrastruktur, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu organisasi memonitor dan meningkatkan kinerja demi mendorong efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk. PT TUV Rheinland Indonesia menyatakan bahwa pencapaian Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini memiliki batas masa berlaku yaitu sampai dengan tahun 2019.

 

“Memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang yang disesuaikan dengan aturan dan standard prosedur yang berlaku sudah menjadi tugas bagi kami. Dengan adanya pencapaian Standard Manajemen Mutu ini kami berharap dapat terus bekerja memberikan yang terbaik tanpa sekalipun mengesampingkan standard prosedur yang berlaku,” tambah Agus Pandu Purnama.***